Tempat Belajar dan Bergaul Bermanfaat

Pendidikan Bukanlah Segala-galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Pendidikan Bukanlah Segala-galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan – Jika dilihat dari judul, pada kesempatan kali ini saya akan mencurahkan isi hati mengenai cita-cita saya dalam dunia Pendidikan. Sudah lama saya tidak menulis mengenai hal ini karena memang dalam rangka liburan sekolah. Biasanya saya menulis materi Kimia, soal dan pembahasan pelajaran Kimia. Ini semua karena salah seorang Bunda, member di group Warung Blogger mengadakan Give Away sebagai tempat menjalin silaturahmi dengan member yang lain.

Pendidikan Bukanlah Segala-galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Nama Beliau Bunda Erry Andriyati, seperti yang ada di blognya Bibi Titi Teliti. Saya masih ingat betul awal kali membuka blog Beliau, saya membaca salah satu postingan mengenai curhatan tentang anak-anaknya, Kayla dan Fathir, selengkapnya ada di Learning From Your Children. Dalam tulisannya, Bunda Titi atau Bibi Titi curhat bahwasannya Beliau telah mendapat pelajaran yang berharga, belajar dari orang sekitarnya. Yang perlu digarisbawahi adalah Bibi Titi belajar dari anak-anaknya yang mana umurnya tentu sangat jauh selisihnya. omg Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Seperti itulah pendidikan, proses belajar, mencari ilmu, tidak memandang dari mana berasal, entah itu perbedaan umur, latar belakang, sekolah ataupun yang lainnya, asalkan ilmu itu baik dan bermanfaat, ambil dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bibi Titi belajar dari Kayla akan makna dari rasa memiliki, kedekatan sesama anggota keluarga, ikatan batin antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya. Bibi Titi juga belajar dari Fathir mengenai rasa percaya diri di depan orang lain.

Bagaimana dengan saya? Setelah membaca tulisan itu, saya menjadi ingat akan hal yang tidak jauh beda dengan yang dirasakan oleh Bibi Titi. Saya berasal dari kampung, tepatnya Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Berasal dari keluarga sederhana, dan sejak kecil ditinggal merantau orang tuan ke Bogor. Saya hidup sendiri disini bersama simbah dan bibi. Beberapa waktu yang lalu saya curhat tentang latar belakang kedua orang tuaku, bekerja sebagai penggiling daging bakso di Jonggol, Bogor. senyum Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Baca curhatanku ya : Kesederhanaan dalam Dekapan Semangat Kekeluargaan di Hari Idul Fitri  senyum Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Sejak SMA cita-citaku memang ingin sekali menjadi seorang tenaga pendidik. semangat Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan Ingat pesan salah seorang ahli agama yang mengatakan bahwa wajib hukumnya menyampaikan ilmu itu walau hanya 1 ayat saja. Dari hal itulah saya mulai belajar dan belajar untuk masa depan, untuk pendidikan Indonesia, untuk kemajuan negara ini. Setelah lulus kuliah, akhirnya saya mengetahui adanya lowongan menjadi guru di SMA Islam Az-Azhar 7 Solo Baru. Sekolah Islam favorit di Kota Solo dan sekitarnya.

Alhamdulilah berkat doa kedua orang tuan, anak kampung, jauh dari kesan orang kaya dan hanya anak dari seorang penggiling bakso akhirnya bisa menjadi seorang guru atau tenaga pendidik di sekolah favorit itu. swt2 Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Sekolah Islam Favorit di Solo Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Guru apa? Alhamdulilah guru Kimia karena saya kuliah di Jurusan Kimia, UNNES di Kota Semarang. Menjadi guru inilah tidak lantas membuat saya berhenti belajar. Justru saya ingin sekali menambah ilmu entah dari siapa, seperti yang dilakukan Bibi Titi, belajar dari anak-anaknya. Sayapun juga begitu, saya memiliki banyak murid (kebetulan saya Wali Kelas) dari berbagai latar belakang keluarga.

Pada tanggal 23 Oktober 2012 yang lalu, saya mendapat tugas untuk mengantar siswa ke Jogja dalam rangka Traveling Research Student. Lokasi yang kami datangi adalah Museum Gunung Merapi dan Museum Biologi UGM. Mengatur sekian banyak siswa, memimpin mereka semua yang ramai adalah tantangan tersendiri buat saya dan teman-teman guru. Pada waktu di Museum Gunung Merapi, banyak siswa yang tidak bisa diatur, jalan kesana kemari. Namun, saya malah terpikir, mereka ramai seperti ini, susah diatur adalah tempat belajar saya yang baru.

Murid Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Secara tak langsung saya harus menjadi orang yang sabar, dan saya harus ikhlas untuk membimbing mereka. Tentu saja, sabar dan ikhlas sangat penting dalam kehidupan berkeluarga dan bertetangga. Point penting inilah yang saya dapat dari murid-murid saya.

Muridku tempat belajar dan ladang dakwahku Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Pada waktu di lokasi yang kedua, Museum Biologi UGM, tantangan lebih besar lagi. Museum ini yang terletak di tengah Kota Jogja menyimpan banyak sekali koleksi penelitian berupa hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang telah diawetkan. Tentunya harus ekstra hati-hati dalam mengunjungi tempat ini. Namun, apa yang terjadi? Kembali murid-murid saya ramai dan saling usil satu sama lain. Jika saja mereka menyenggol sedikit saja barang yang ada disana, bahaya sekali.

Pengalaman Guru Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Ternyata jiwa seorang pemimpin disini sangat dibutuhkan. Guru harus memiliki rasa seorang pemimpin, memimpin orang banyak untuk satu tujuan, yaitu belajar. Guru harus lebih perhatian pada murid-muridnya. Belajar dari hati-hati hingga siswa respect kepada kita. Contoh kebersamaan murid dan seorang guru :

Guru dan Murid Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Memang, mereka bukan anak dari darah daging sendiri, namun karena di sekolah adalah tanggung jawa seorang guru, maka mereka harus dianggap seperti anak sendiri.

Selain itu, kebersamaan antar siswa yang satu dengan yang lain menjadi hal lain yang saya pelajari disini. Kebersamaan mereka harus saya terapkan dilingkungan kerja, kantor Guru. Guru harus memiliki rasa kebersamaan antara guru satu dengan guru yang lain.

Kebersamaan Guru dan Murid Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Madu Asli Manis Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Kebersamaan Guru dan Murid

Kebersamaan dengan Sahabat dan Teman Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Kebersamaan Guru SMA Islam Al Azhar 7

Seperti itulah salah satu pengalaman yang saya peroleh, pendidikan dari murid-murid di sekolah, mengajarkan kepada saya mengenai sifat sabar, ikhlas, kebersamaan, dan kepemimpinan. Hal inilah yang jarang sekali didapat. Kita sekarang ini bukanlah apa-apa jika kita tidak belajar atau mengenyam pendidikan. Kita seorang guru, ibu rumah tangga, pengusaha, dokter, pegawai negeri atau swasta, bahkan Presiden, tidak akan menjadi seperti ini jika kita tidak belajar, mengikuti proses pendidikan. Sekarang kita bisa makan makan dengan uang hasil kerja kita, namun yang membuat seperti ini adalah Pendidikan. Pendidikan bukanlah segala-galanya untuk kita, namun yang kita dapat sekarang ini adalah bersumber dari Pendidikan.

Tetap semangat belajar dan mencari ilmu, Bibi Titi semangat Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan  entah kita belajar dari siapa, anak kita, tetangga, tukang becak, officeboy, tukang parkir atau siapa, jangan pernah malu untuk selalu memperbaiki diri, asalkan baik ilmu itu, kita ambil kemudian diterapkan dalam keseharian kita. Insya Alloh itu adalah hal paling baik.

Belajar Menjadi Lebih Baik Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Salam sukses dari Wonogiri – Jawa Tengah  senyum Pendidikan Bukanlah Segala galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

Tulisan ini dikutkan dalam Bibi Titi Teliti’s Korean Giveaway!

Pendidikan Bukanlah Segala-galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

About DaddySunSek

Seorang laki-laki sederhana dari Kota Gaplek, Wonogiri. Pernah belajar di Universitas Negeri Semarang dan kini mengajar Kimia di SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru, Sukoharjo. Selain mengabdi di dunia pendidikan, saya juga aktif di dunia Internet Marketing. Salam Sukses dari Wonogiri View all posts by DaddySunSek →

5 Responses to Pendidikan Bukanlah Segala-galanya, Namun Segalanya Berasal dari Pendidikan

  1. Pingback: Menenangkan Diri dan Introspeksi Sebelum Marah Masuk Hati | Kata Motivasi dan Inspirasi

  2. Hai Wahyu :)
    Terima kasih sudah berpartisipasi dan ikutan Give Away ku yah :)

    Dan ternyata Wahyu seorang Guru yah, dan Guru Kimia pula….
    wow! Hebat sekaliiiii…
    *kimia adalah mata pelajaran yang selalu aku hindarin dulu…hihihi…*

    Kagum sekali sama semangat Wahyu yang terus berusaha belajar walaupun sudah berhasil jadi guru…beruntung sekali murid muridmu ituh :)

    Salam hangat juga dari Bandung yah :)
    Sudah aku catat sebagai peserta yah :)

    • DaddySunSek says:

      Hai juga Bibi Titi gembira
      Salam kenal sebelumnya dari saya Eswahyudi Kurniawan atau Iswah
      Terima kasih telah diijinkan mengikuti Give Away ini

      Iya Bibi Titi, saya guru Kimia di SMAI Al Azhar 7
      Dulu sewaktu SMA, saya juga dapat nilai kimia nya jelek terus, tapi saya malah merasa tertantang saat ambil Kimia sewaktu kuliah
      Tantangan, hambatan, dan tanggung jawab itu yang membuat saya lbh dewasa Bi semangat!

      Sip Bi, saya berusaha semaksimal mungkin untuk selalu belajar menjadi lebih baik

      Semoga tulisan Bibi dan tulisan saya di atas bermanfaat untuk warga WB pd khususnya, dan para pembaca pada umumnya
      Terima kasih banyak ya Bibi Titi
      Salam sukses dari Wonogiri malu

  3. Pingback: 5 Pengalaman Penuh Inspirasi dan Hal Menarik Sepanjang Tahun 2012

  4. kuswahyu says:

    great pak dady.never give up to carry out the better future generation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkaitclose